5 Kegiatan Seru di Jogja yang Bikin Kamu Pengin Balik Lagi ke Sana

Berencana liburan ke Jogja dalam waktu dekat? Walau sering dianggap sebagai destinasi wisata yang mainstream, nyatanya Jogja selalu berhasil menarik minat wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara pun seakan terbuai dengan keistimewaan yang dimiliki Kota Gudeg. Liburan di Jogja tak akan bikin kamu bosan sebab kota ini menawarkan berbagai fasilitas wisata yang sangat lengkap. Semua yang kamu butuhkan ada di Jogja. Nah, buat kamu yang ingin liburan ke Jogja, ada sejumlah kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama berada di sana. Dijamin, bakal bikin kamu pengin balik lagi, deh. Jogja, Jogja wait for me!

Icip-icip kuliner Jogja

Wisata kuliner tentu jadi salah satu kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Jogja. Selain gudeg, ada begitu banyak kuliner enak yang patu kamu coba di sana. Bakmi Jawa, kopi joss, angkringan, sate klathak, tengkleng gajah, oseng-oseng mercon, jadah tempe, dan gelato adalah sederet makanan khas Jogja yang direkomendasikan. Rugi jika berkunjung ke Jogja tanpa mencoba kuliner enak itu. Waktu seharian pun rasanya tak cukup untuk mencicipi semua kuliner yang ada di Jogja. Hmm lezat!

Keliling kota naik becak

Jika ingin menikmati suasana Kota Jogja dengan cara yang berbeda, kamu bisa mencoba berkeliling kota dengan menaiki becak. Di sepanjang jalan Malioboro terdapat banyak tukang becak yang bisa kamu temukan. Biasanya, rute yang akan dilalui mulai dari kawasan nol kilometer Jogja di jalan Malioboro hingga menuju kawasan keraton bagian utara. Soal tarif, harganya disesuaikan dengan seberapa jago kamu menawar. Ya, dibutuhkan skill menawar yang tinggi untuk mendapatkan harga yang cocok.

Sebagai informasi, kebanyakan tukang becak di Jogja sering menembak harga. Buat yang baru pertama kali ke Jogja disarankan untuk melakukan survey harga terlebih dulu. Jangan sampai kamu dikerjai dengan ulah tukang becaknakal’. Untuk jarak satu kilometer, tarif rata-rata becak berkisar antara Rp10 ribu – Rp15 ribu.

Malem mingguan di alun-alun kidul

Dari sekian banyak tempat hits yang ada di Jogja, alun-alun selatan atau juga disebut alun-alun kidul (alkid) jadi tempat malam mingguan yang paling ramai di Jogja. Banyak hal yang bisa dilakukan di alun-alun kidul pada malam minggu. Misalnya, mencoba tantangan melewati gang antara dua pohon beringin kembar dengan mata tertutup, keliling alun-alun dengan naik mobil kayuh, atau hanya duduk-duduk santai di bawah langit malam Jogja yang sangat indah.

Nongkrong sampai malam di angkringan yang menyediakan kopi joss juga jadi kegiatan seru yang bisa lakukan di sini.

Ziarah ke makam raja-raja Mataram

Buat kamu yang gemar berwisata sejarah, wajib banget buat ziarah ke makam-makam raja Mataram yang terletak di sebuah bukit indah di selatan Jogjakarta. Letaknya yang berada di atas bukit akan memberikan pengalaman tersendiri untuk kamu yang ingin mencobanya. Sebelum sampai ke pemakaman, kamu akan akan diajak sedikit berolahraga dengan menaiki ratusan tangga. Tak hanya itu saja, setiap pengunjung yang ingin berziarah diwajibkan untuk mengenakan pakaian tradisional Jawa. Banyak hal yang bisa dipelajari di sana mulai dari silsilah kerajaan hingga mengenal adat Jawa. Seru, kan?

5. Menyusuri pantai-pantai eksotis di Gunung Kidul

Jika ingin wisata pantai di Jogja, kawasan Gunungkidul adalah tempat yang paling tepat untuk disambangi. Gunungkidul memiliki deretan pantai berpasir putih yang sayang jika dilewatkan saat kamu ke sana. Misalnya saja Pantai Sundak yang memiliki pasir putih cantik dengan airnya yang jernih. Perjalanan dari Kota Jogja menuju Gunung Kidul memang memakan waktu yang cukup lama, yakni dua jam lebih. Namun, rasa lelah kamu selama di perjalanan akan terbayarkan dengan cantiknya pantai berpasir putih yang ada di Gunung kidul.

Bagaimana, seru, kan, liburan di Jogja? Jadi, kapan rencananya kamu liburan ke Jogja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *