cara berpuasa untuk penderita diabetes

Cara Berpuasa Yang Baik Bagi Penderita Diabetes Melitus

Setiap memasuki bulan ramadhan tentunya semua yang menganut agama islam akan bersuka cita menyambut bulan penuh berkah tersebut tapi untuk saudara kita yang menderita diabetes tentunya perlu cara tertentu untuk bisa beradaptasi agar selama berpuasa tetap aman dan sehat selalu.

pasien diabetes mempunyai resiko waktu menjalankan puasa. Walau demikian, beberapa pasien diabetes masih bisa jalankan puasa dgn aman. Akan tetapi, mereka butuh diberi persiapan serta pengetahuan yang cukuplah untuk tetap berpuasa dgn baik. Apa yang perlu dikerjakan?

Hal-hal yg dilakukan Sebelum jalankan Puasa

Persiapan untuk lakukan puasa di bulan ramadhan dikerjakan setidak dua-tiga bulan sebelum masuk bulan puasa, mencakup:

Kontrol kesehatan

Ini diperuntukkan untuk mengidentifikasi resiko pasien diabetes untuk jalankan puasa. Ini dikerjakan dgn beberapa kontrol fisik ataupun laboratorium, khususnya kandungan gula di dalam darah, dibarengi kontrol tekanan darah, manfaat ginjal, jantung, mata, jaringan saraf, serta kadar lemak dalam darah.

Lakukan Konsultasi kesehatan Ke Dokter

Ini diperuntukkan untuk tingkatkan pengetahuan pasien diabetes mengenai beberapa hal yang bisa jadi berlangsung sepanjang menjalankan ibadah puasa. Session konsul ini semestinya dikerjakan penderita serta mengikutkan famili pasien diabetes. Banyak hal yang perlu untuk diketahui, yakni:

Tahu pertanda awal berlangsungnya komplikasi jika terjadi hipoglikemia seperti rasa pusing, lemas, gemetar, keringat dingin serta jika terjadi hiperglikemia seperti rasa lemas, seringkali buang air kecil, pusing, pandangan kabur, haus.

Sebab orang pemula kurang bisa memperbedakan tanda-tanda awal komplikasi, semestinya penderita diabetes dan familinya dapat mengecheck kandungan kadar gula darah secara mandiri menggunakan alat waktu berpuasa di dalam rumah, khususnya buat pasien yang memakai injeksi insulin.

Cara Berpuasa Untuk Penderita Diabetes Militus

Tahu Pola makan serta kegiatan fisik yang betul

Buat pasien diabetes yg memakai obat tertentu, semestinya tanyakan dgn ahli kesehatan tentang pemakaian atau pergantian dosis pengobatan bila dibutuhkan agar dapat berpuasa dengan baik.

Pola Makan yang Disarankan

  • Saat Makan sahur usahakan sedekat mungkin dengan waktu imsak, sedang berbuka puasa sebaiknya dilakukan diawal berbuka puasa
  • Batasi mengkonsumsi minuman & makanan yg mengandung gula yang berlebihan, termasuk juga waktu berbuka
  • Batasi makanan yg banyak kandungan lemak atau gorengan.
  • Konsumsi buah-buahan, sayur fresh atau salad (tanpa ada saus penambahan)
  • Pilih makanan yang dibakar, dimasak, atau di rebus dibanding dgn makanan yg pembuatannya digoreng
  • Perbanyak mengkonsumsi air minum sepanjang buka puasa hingga imsak
  • Jangan makan terlalu berlebih

Jika diperlukan ada baiknya mengkonsumsi jus buah dan sayur instan Fiforlif untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan dan sayuran selama bulan puasa, untuk mendapatkan produk ini silahkan klik Jual Fiforlif

Artikel terkait : tempat jual black garlic

Kegiatan Fisik yang Disarankan

Kegiatan fisik disarankan untuk pasien diabetes sepanjang puasa, khususnya pada saat sesudah berbuka:

  • Kegiatan ringan-sedang misalnya berjalan kaki termasuk cukuplah aman serta berguna. Kegiatan bisa dikerjakan dgn berjalan kaki waktu ke masjid saat beribadah malam (sholat tarawih)
  • Jauhi kegiatan berat atau terlalu berlebih sebab akan tingkatkan resiko hipoglikemia

Sesudah pelajari langkah berpuasa yang baik untuk penderita diabetes, ada pesan singkat yang butuh anda mengerti. Bahasan diatas hanya tips umum buat pasien diabetes dlm menjalankan ibadah puasa.

Tiap pasien diabetes tentu saja berlainan, hingga untuk tahu persiapan, pola mereka makan, serta kegiatan fisik dengan detil lebih baik dikerjakan setelah konsultasi dengan perseorangan.

Pesan paling akhir ialah pengetahuan pergantian pola hidup yang anda temukan alangkah lebih baiknya masih dikerjakan selanjutnya di luar bulan puasa untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *