Pengertian Rukun Islam Beserta Hadistnya

Rukun Islam sama halnya bersama dengan rukun iman yang merupakan prinsip-prinsip dan amalan yang mesti diketahui dan dilaksanakan bagi seorang muslim. Apabila rukun iman dilaksanakan sesudah anda mengimani ajaran agama islam, maka rukun islam justru mesti anda melaksanakan agar jadi seorang muslim yang sempurna. Kenapa dapat seperti itu?

PENGERTIAN RUKUN ISLAM

Seseorang dikatakan sebagai seorang muslim atau tidak dapat ditentukan melalui beberapa indikator, di mana indikator berikut di wujudkan di dalam lima amalan utama yang diajarkan di dalam islam.

Lima amalan indikator berikut dikenal sebagai rukun islam. Jadi, sekiranya anda inginkan dikatakan sebagai seorang muslim yang sesungguhnya, maka anda selayaknya mengamalkan rukun islam.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, rukun islam terdiri berasal dari lima hal, yakni:

  • Mengucapkan dua kata-kata syahadat
  • Mendirikan shalat
  • Mengerjakan puasa di bulan ramadhan
  • Mengeluarkan zakat
  • Naik haji sekiranya mampu


Terdapat beberapa hadis yang menjelaskan mengenai rukun islam, diantaranya adalah berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad dulu bersabda kepada para sahabat :

“Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yaitu mengucapkan dua kata-kata syahadat yang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan tak hanya Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke makkah.”

Adapula berasal dari sahabat nabi Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khatab yang menjelaskan bahwa beliau dulu mendengar Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, bahwa islam berdiri dan dibangun atas lima hal utama, yakni:

“Menyatakan kesaksian atas keesaan Allah dan Nabi Muhammad sebagai utusan Nya, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, pergi haji dan berpuasa pas ramadhan.”

Begitu pentingnya rukun islam agar jadi patokan indikator yang dapat menentukan seseorang dianggap sebagai seorang muslim atau bukan. Oleh dikarenakan itu, sebagai seorang muslim sejati kami mesti amat mobilisasi dan menghayati apa yang tersedia di dalam rukun islam. Meskipun berwujud aktivitas fisik, tetapi pemahaman arti rukun islam sangatlah penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *