Gejala Infeksi Saluran Kemih dan Penyebabnya

Gejala Infeksi Saluran Kemih dan Penyebabnya РSebelum membahas mengenai Gejala Infeksi Saluran Kemih, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu Apa itu Infeksi dan Saluran Kemih ? Infeksi adalah peradangan yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yang menyerang organ tubuh. Saluran Kemih tidak hanya berkaitan dengan saluran kencing dan kandung kemih, saluran kemih juga meliputi ginjal, ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih), kandung kemih, dan uretra  (saluran kencing). Jadi Infeksi Saluran Kemih adalah infeksi karena adanya kuman di saluran kemih, dimana infeksi terjadi ketika virus, bakteri atau jamur masuk dengan jumlah cukup banyak ke saluran kemih dan tidak dapat dilawan oleh sistem imunitas tubuh. Ketika bakteri, virus, atau kuman mengenai saluran kemih bawah dinamakan sistitis atau infeksi kandung kemih. Dan ketika mengenai saluran kemih atas dinamakan pielonefritis atau infeksi ginjal.

Gejala Infeksi Saluran Kemih dan Penyebabnya
Gejala Infeksi Saluran Kemih dan Penyebabnya

Pada umumnya kuman, bakteri atau virus berasal dari luar tubuh, seperti berasal dari air yang tidak bersih atau penyakit menular melalui hubungan seksual. Kuman yang masuk melalui saluran kencing beresiko naik ke kandung kemih jika tidak diatasi segera. Bahkan akan membuat kerja atau fungsi ginjal terganggu. Batu yang menyumbat ureter juga bisa menjadi awal mula terjadinya infeksi pada ginjal, yang pada akhirnya menyebabkan aliran air seni yang keluar tidak lancar. Infeksi saluran kemih ini harus diwaspadai oleh Perempuan pada khususnya, karena lebih sering terjadi kepada perempuan. Faktor resiko tejadinya infeksi antara lain anatomi tubuh perempuan, riwayat keluarga dan hubungan seksual.

Untuk Gejala Infeksi Saluran Kemih Bawah atau infeksi kandung kemih biasanya akan ditemukan sensasi atau rasa terbakar ketika buang air kecil, harus sering buang air kecil dan rasa nyeri atau sakit yang berat. Orang yang mengalami Gejala Saluran Kemih Atas mungkin akan merasakan nyeri panggul, demam dan mual. Urin juga terkadang tampak berdarah atau mengandung nanah (piuria).

Secara umum Gejala Infeksi Saluran Kemih bisa anda ketahui sebagai berikut,

  1. Sensasi Terbakar.
  2. Kelelahan tanpa sebab yang terkadang disertai dengan gemetaran dan nyeri otot.
  3. Warna urine yang tidak wajar seperti berwarna kuning gelap atau cokelat, bearoma benar-benar busuk atau disertai dengan darah.
  4. Demam menggigil, pada perempuan yang terkena infeksi akan mengalami demam menggigil dan keringat dingin.
  5. Sering Buang Air Kecil.
  6. Sakit Punggung bagian bawah, bakteri juga bisa menyebar ke abdomen. Ketika mearasakan sakit pada bagian punggung bawah, mungkin gejala infeksi saluran kemih sudah mencapai ginjal.

Penyebab Gejala Infeksi Saluran Kemih

Penyebab Gejala Infeksi Saluran Kemih telah disinggung diatas, sedikit menambahkan mengenai penyebabnya yaitu Mengapa perempuan lebih sering terkena gejala infeksi saluran kemih ? karena adanya perbedaan anatomi tubuh perempuan dengan laki-laki. Ukuran uretra pada perempuan lebih pendek daripada laki-laki, di samping itu muara uretra pada perempuan terletak dekat anus. Hal ini menyebabkan bakteri lebih mudah menjangkau saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Baca juga: Jual Smart Detox

Penyebab Gejala Infeksi Saluran Kemih yang lain juga bisa disebabkan oleh pemakaian diafragma (alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan) rentan menimbulkan infeksi, mengapa ? karena diafragma mendorong uretra secara berlawanan dan membuat uretra lebih sulit untuk mengosongkan kandung kemih dengan sempurna. Bakteri dan mikroorganisme akan tumbuh dan berkembang dalam urine atau air seni yang masih tersisa dalam kandung kemih karena sulitnya mengosongkan kandung kemih itu.

Pada akhirnya pola hidup sehat dan sikap peduli terhadap kebersihan tubuh maupun lingkungan menjadi kunci untuk menghindari berbagai penyakit. Bahasan mengenai Gejala Infeksi Saluran Kemih ini setidaknya bisa memberi pengetahuan agar menjadi perhatian masyarakat banyak. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *